Untuk permainan tentang
komunikasi, Fe seringkali tidak jelas. Perjalanannya yang tanpa customized
structure dan mencolok secara visual dipenuhi dengan makhluk-makhluk menawan
untuk dinyanyikan, tetapi dunia stage 3D-nya terkadang dapat terasa tanpa
tujuan. Dan sementara saya menikmati belajar bahasa musiknya, perjalanan
singkat yang saya lakukan membuat saya meninggalkan kesan bahwa Fe melewatkan
sebagian besar peluang terbaiknya.
Anda Bermain Sebagai Makhluk Kecil Seperti Rubah Yang Disebut Fe
Tetapi apa yang Anda lakukan di
hutan yang diserang oleh makhluk robot aneh tidak sepenuhnya jelas. Seluruh ide
adalah bernyanyi untuk membentuk ikatan dengan hewan yang berbeda, dan akhirnya
belajar menyanyi bahasa mereka juga. Harmonisasi dengan makhluk lain adalah
saat yang lucu, bahkan jika prosesnya tidak benar-benar berubah di titik mana
play on words di seluruh Fe. Ikatan dengan selusin kadal kecil sehingga
gerombolan mereka akan mengikuti saya berkeliling dan dengan bersemangat
bernyanyi bersama ketika saya menyenandungkan makhluk-makhluk lain yang bisa
sangat memesona.
Namun di luar nyanyian, Fe adalah
platformer 3D pertama dan terutama, dan itu sangat rata-rata dalam hal itu.
Biasanya tidak ada banyak tantangan untuk hambatan yang menghalangi Anda, dan
karakter Anda sering kali terasa lambat dan sedikit kikuk, bukannya sigap dan
menyenangkan untuk dikendalikan. Itu membuat saat-saat saya melewatkan lompatan
dan harus melakukan bagian yang cukup membuat frustrasi - itu tidak begitu
memuaskan untuk diselesaikan pertama kali, apalagi yang kedua.
Pengecualian utama untuk ini
adalah memanjat pohon Fe, yang tajam, menggemaskan, dan jauh lebih menyenangkan
daripada hanya berjalan-jalan. Anda dapat melompati hampir semua pohon dengan
serangkaian lompatan secepat kilat, lalu melompat darinya untuk jarak ekstra.
Momen platforming terbaik Fe umumnya withering baik ketika bersandar pada
kemampuan ini. Satu urutan membuat saya melompat di antara pohon-pohon yang
tumbuh dari makhluk besar yang berjalan di sekitar peta. Itu sangat
mengingatkan pada Shadow of the Colossus, tetapi juga singkat dan satu-satunya
momen seperti itu.
Feline dengan Platform
Fe menggunakan perpaduan indah
lanskap poligonal dengan skema warna monoton yang tersapu bersih yang membedakannya
dari platformer baru lainnya dan membuat hutannya terasa mistis dan aneh.
Tetapi sementara warna-warna itu bergeser dari satu daerah ke daerah lainnya,
lingkungan itu sendiri tidak berubah hampir sama banyaknya. Sebagai hasilnya,
gaya berbeda yang membuat Fe begitu menyenangkan mata sejak awal dengan cepat
mulai terasa sedikit satu nothing dan berulang.
Levelnya hampir semuanya hanyalah
tumpukan batu, tanaman, dan sungai pegunungan yang akan sulit dibedakan jika
itu bukan karena perubahan warna. Lebih dari yang sama tidak selalu merupakan
hal yang mengerikan, tetapi itu membuat saya berharap ada perbedaan yang lebih
drastis antara daerah. Satu-satunya yang benar-benar membedakan dirinya adalah
bagian bersalju yang memiliki lereng es dan vegetasi yang jauh lebih sedikit,
tetapi ini jelas pengecualian dan bukan norma.
Gagasan menata kembali daerah
lama dengan kemampuan baru saya lebih membosankan daripada menyenangkan.
Sementara Fe adalah permainan
yang relatif linier, setiap region memiliki banyak sudut dan celah untuk
dijelajahi, beberapa di antaranya menyembunyikan koleksi yang dapat Anda
gunakan untuk membuka kemampuan baru. Saya bersemangat untuk berburu ini pada
awalnya, tetapi kesabaran saya berkurang tipis sebelum lama. Lingkungan yang
sama dikombinasikan dengan gerakan lambat dan tantangan platforming umumnya
hambar membuat saya benar-benar ingin menjelajahi sepenuhnya, dan membuat ide
untuk kembali melalui daerah lama dengan kemampuan dan lagu baru saya lebih
membosankan daripada menyenangkan - terutama ketika kemampuan seperti lari
terasa seperti itu seharusnya ada sejak awal.
Fe juga cukup pendek - hanya
butuh sekitar tiga jam untuk menyelesaikannya. Setelah mengalahkan cerita, peta
terbuka dan Anda dapat melihat berapa banyak koleksi yang Anda lewatkan di
setiap region. Mungkin hanya perlu beberapa jam bagi saya untuk mendapatkan
semua yang ditawarkan Fe, tapi saya tidak ingin melakukannya.
Menyanyi bersama
Jika ada tempat yang benar-benar
menonjol, Fe ada dalam suaranya. Meskipun visualnya tidak terlalu bersinar, Fe
terdengar luar biasa. Musiknya penuh gairah dan indah, menambah rasa takjub ke
hutan yang Anda lewati. Enam suara nyanyian berbeda yang dapat Anda temukan
juga menawan dan unik, dengan nothing dan nothing berbeda saat Anda bernyanyi
lebih lembut atau lebih keras.
Suara-suara itu memainkan
platforming dalam membentuk ikatan dengan binatang akan memungkinkannya
bernyanyi untuk Anda jika Anda belum mempelajari lagu mereka, dan setiap lagu
baru memungkinkan Anda untuk menggunakan tanaman tertentu yang membantu Anda
mencapai tempat-tempat baru. Misalnya, lagu burung hijau membuka tanaman yang
memungkinkan Anda mengambil bijinya dan melemparkannya ke dinding yang dapat
dirusak, sementara lagu rusa oranye akan membuka bunga yang mendorong Anda ke
udara. Kisah yang saya kumpulkan bersama
sangat menarik, tetapi tidak pernah cukup jelas untuk membuat saya
diinvestasikan.
Saya menyukai gagasan beralih di
antara lagu-lagu untuk memengaruhi tantangan platforming di depan saya, tetapi
sistem ini tidak pernah benar-benar digunakan dengan cara yang menarik. Tanaman
jarang membutuhkan ketepatan atau waktu untuk mengaktifkan, jadi mengetuk
tombol bernyanyi untuk membuka cukup banyak pekerjaan yang sibuk. Itu merusak
konsep bahwa Anda benar-benar berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia di
sekitar Anda.
Fe berusaha bersikap halus saat
menceritakan kisah dunia itu, tetapi hal itu merugikannya. Backstory hampir
secara eksklusif diceritakan melalui cutscene yang lambat dan tanpa customized
structure individualized organization yang terlalu sering muncul dan tidak
banyak menjelaskan. Cutscene ini dilihat melalui koleksi yang diletakkan lebih
langsung di jalur Anda, sehingga semuanya dapat dilewati sepenuhnya jika Anda
mau, tetapi kemudian saya bahkan tidak memiliki petunjuk tentang apa yang ingin
saya capai. Kisah yang saya buat bersama menarik, tetapi tidak pernah cukup
jelas untuk membuat saya diinvestasikan, dan akhirnya itu benar-benar
membingungkan.
Baca Juga : Injustice 2: TMNT DLC – Game Review
Baca Juga : Injustice 2: TMNT DLC – Game Review
Saya tahu Fe ingin menjadi salah
satu game yang memungkinkan Anda menemukan sendiri mekanis dan ceritanya,
tetapi isyarat lingkungannya tidak cukup jelas untuk melakukannya dengan
sukses. Akibatnya, tooltip dan petunjuk muncul dengan frekuensi mengejutkan,
yang tampaknya bertentangan dengan pendekatan tanpa customized structure. Ini
secara aktif menyakiti atmosfer Fe di waktu-waktu tertentu, terutama ketika
burung pemandu muncul untuk memberi Anda jalan ke tujuan berikutnya jika Anda
bernyanyi dengan volume maksimal selama satu atau dua detik.
Titik arah peta dapat dimatikan
di menu utama, tetapi burung ini tidak bisa. Namun, sejujurnya, tujuan Fe tidak
cukup jelas untuk bertahan tanpa setidaknya salah satu dari mereka diaktifkan.
Bahkan ketika saya mencoba untuk tidak bergantung pada titik arah dan
menjelajahi jalan saya melalui dunia, saya sering tidak sengaja memanggil
burung itu sambil mencari-cari dengan suara yang berbeda. Itu membuat saya
berhenti bernyanyi untuk bersenang-senang (karena saya tidak ingin secara tidak
sengaja merusak jalan untuk diri saya sendiri) dan itu tampaknya bertentangan
dengan seluruh ide Fe.
Putusan
Fe adalah platformer berumur
pendek yang masih bisa bertahan dalam beberapa hal. Platformnya baik-baik saja
tetapi tidak imajinatif, dan ide-ide terbaiknya, seperti pohon melompat dan
menyanyi yang mempengaruhi dunia, tetap kurang dimanfaatkan. Ini bisa menjadi
permainan yang indah di kali, terutama yang berkaitan dengan musik dan desain
sound, tetapi tidak begitu banyak sehingga menyembunyikan tepi yang lebih kasar
dan konsep yang belum dikembangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar